Selasa, 17 Mei 2011

Pyeongchang mendapat nilai tertinggi sebagai calon tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018

Pyeongchang mendapat nilai tertinggi sebagai calon tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018 

 


Kota Pyeongchang yang terletak di provinsi Gangwon, Korea Selatan telah mendapat nilai tertinggi sebagai calon tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018 di antara kota calon lainnya, yaitu Munhen, Jerman dan Annecy, Prancis. Menurut hasil laporan yang disampaikan oleh Komite Olimpiade Internasional -IOC pada tgl.10 Mei lalu, Pyeongchang memperoleh nilai yang memuaskan dalam semua aspek termasuk penempatan gelanggang yang tersusun rapi, jarak berpindah yang dekat, dan biaya penggunaan fasilitas penginapan yang terjangkau.

Upaya ini sudah ke tiga kali bagi Pyeongchang untuk mengajukan penawaran menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin. Walaupun 2 kali sebelumnya tidak membuahkan hasil, persiapan Pyeongchang pada kali ini diperkirakan sangat tinggi kemungkinannya untuk membawakan kesuksesan karena sudah dapat memenuhi syarat-syarat.


Pyeongchang sebagai calon tuan rumah nomor 1, memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Sistem moda transportasi di Pyeongchang telah dinilai sebagai sistem yang sempurna. Penempatan fasilitasnya pun dibuat agar 80% atlit dapat tiba dalam waktu 10 menit untuk ikut lomba. Selain itu, dalam laporan IOC tersebut dikatakan bahwa Pyeongchang kemungkinan besar dapat menjadi langkah pertama untuk mengembangkan olahraga musim dingin di kawasan Asia yang mana bidang olahraga musim dinginnya masih dianggap relatif kurang berkembang.


Namun demikian, terdapat kekurangan yang harus diatasi oleh Kota Pyeongchang. Biaya acara pembukaan dan penutupan dinilai perlu ditambahkan dan masalah kapasitas salju yang tidak mencukupi pun harus diselesaikan. Ketiga calon kota akan menghadapi “rintangan” terakhir selama dua hari, yaitu tgl. 18 Mei dan 19 Mei mendatang di Lausanne, Swiss. Deligasi dari ketiga negara tersebut diwajibkan untuk memperentasikan “laporan teknis” kepada segenap anggota Dewan IOC. Tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018 akan ditentukan pada tgl. 6 Juli di Durban, Afrika Selatan dengan mengadakan pemungutan suara dalam pertemuan umum IOC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar